Cara Mengatasi Error pada Apache dan MySQL di XAMPP

( Cara Mengatasi Apache dan MySQl tidak bisa running di XAMPP )

Cara Mengatasi Error pada Apache dan MySQL di XAMPP - Sebelumnya saya pernah mengalami hal semacam ini pada saat ingin me-run Apache dan MySQL. akan tetapi tidak dapat di run, maka dari itu saya mencoba mencari solusinya untuk mengatasi hal tersebut dengan mencoba untuk mengganti port.

Seperti kita ketahui, web server Apache dalam aplikasi XAMPP menggunakan port 80, sedangkan MySQL server menggunakan port 3306. Seperti sebelumnya saya akan membahas cara mengganti kedua dari port tersebut agar bisa di run / akses menggunakan Phpmyadmin.

Mengapa kita harus mengganti port Apache dan MySQL ?
Alasannya yaitu karena web server apache gagal berjalan disebabkan eror, tidak bisa ruuning atau hal lain. Secara default, Apache bawaan XAMPP menggunakan port 80 dan 443 ( untuk SSL ). Sedangkan MySQL server menggunakan port 3306. Baik berikut ini kita akan mencoba menukar port - port Apache dan MySQL .

Cara Mengubah Port Default Apache dan MySQl yang tidak bisa running di XAMPP
Untuk mengubah port default Apache, kita harus mengedit file konfigurasi Apache, yaitu file httpd.conf.
Apabila web server Apache sedang berjalan, silahkan matikan terlebih dahulu.
untuk memulai :
1. klik tombol config ( Apache ) pada bagian actions XAMPP dari menu yang tersedia.
2. Kemudian pilih dan klik ( httpd.conf ).

3. Lalu akan muncul tampilan konfigurasi Apache di Notepad seperti gambar dibawah ini. Kemudian untuk mempercepat pencarian anda klik "CTRL + F" dan ketik Listen.

Pada file httpd.conf yang telah terbuka, cari baris "Listen 80", kemudian anda ubah dari 80 menjadi "Listen 8080". Namun pada saat kalian ingin mencoba mengganti portnya, kalian bebas ingin menggunakan port apa saja ( selagi port yang anda pilih tidak bentrok dengan port aplikasi lain ). Anda bisa mengubahnya menjadi : 87, 9999, 754, Dsb.

4. Masih difile yang sama, kemudian cari "ServerNameLocalHost" dengan CTRL + F ( Untuk mempercepat pencarian kata ). Silahkan ubah "ServerNameLocalHost:80" menjadi "ServerNameLocalHost:8080".

5. Untuk langkah selanjutnya adalah mengubah pengaturan port SSL apache, dimana port defaultnya menggunakan port 443. Caranya hampir mirip seperti sebelumnya dengan perhatikan gambar dibawah ini. Kali ini klik Apache ( httpd-ssl.conf ). File tersebut akan kembali terbuka dinotepad.

5. Carilah baris "Listen 443" dengan klik CTRL + F dan ubah menjadi "Listen 4433". Sama seperti port lain, kita bisa menggunakan port apa saja.

6. Masih difile yang sama, cari baris "Virtualhost_default_:443" dengan CTRL + F dan ubah menjadi "Virtualhost_default_:4433" dan terakhir cari baris "ServerNameLocalhost:443" dan ubah menjadi "ServerNameLocalhost:4433". Kemudian simpan pengaturan dan tutup file ini ( Ctrl + S ).


Dan perubahan port apache telah selesai :).

7. Untuk memastikan apakah sudah bisa di-run atau tidak ada yang error, marih kita cek secara seksama. dan alhasil port Apache dan MySQL telah sukses dijalankan dan tidak error seperti sebelumnya.

Lalu Bagaimana Cara Mengakses Web Server Ini ?
Caranya yaitu dengan mengetik "http://localhost:8080" di URL Web Browser. karena sebelumnya kita telah mengganti port 80 menjadi port 8080 pada apache, maka dari itu alamat yang kita tuju yakni http://localhost:8080.

Cara Mengubah Port Default MySQL yang error di XAMPP
Sebelumnya kita telah mengubah port apache, kali ini kita akan mengubah port MySQL. Pada defaultnya, port MySQL server menggunakan port 3306, dan saya pun akan mengubahnya menjadi port 3307.

1. Cara mengubah port MySQL hampir sama dengan mengubah port apache, namun kali ini kita harus mengedit file settingan ini. silahkan ikuti langkah2 berikut sesuai gambar dibawah ini.


2. File settingan MySQL ini akan tampil dinotepad. kali ini kita akan mencari baris port : 3306, untuk memudahkan pencarian kita cukup tekan CTRL + F dan ketik kata yang ingin di Find.


3. Jika sudah berhasil ditemukan kita akan ubah port 3306 menjadi 3307, lalu kita save ( Ctrl + S ) Dan kemudian kita tes running apakah berhasil atau masih eror.

Sebagai pembuktian hasil testing kita kali ini, dan MySQL server pun sukses pada saat dirunning, dan kita akan coba jalankan phpmyadmin berikut ini :

Untuk mengakses phpmyadmin, kalian cukup ketik di URL web browser yang anda gunakan pada saat mempraktekannya "localhost/8080/phpmyadmin/", lalu enter. dan seperti inilah tampilan antarmuka dari phpmyadmin yang berhasil diakses :).

Apabila saat ini teman - teman sedang belajar atau mengotak atik aplikasi XAMPP, nahh kalau kamu bingung dengan aplikasi XAMPP, Kamu bisa juga loh berkunjung ke channel youtube saya, Berikut ini salah satu cuplikan video yang berkaitan dengan Tutorial Xampp yang ada di playlist channel youtube saya :
Atau jika kamu ingin mengenal channel youtube saya lebih dalam karena dichannel youtube saya terdapat banyak sekali video tutorial yang berkaitan dengan XAMPP, bisa diklik untuk berkunjung ;) "Tutorial Psikomter".


Dan okee itu saja tutorial yang bisa kami share kepada teman - teman yang sudah mampir ke artikel situs web saya ini terkait cara mengubah port default web server Apache dan MySQL menjadi port setingan dari aplikasi XAMPP. Dengan demikian beberapa web server bisa berjalan secara bersamaan walaupun berbeda port. Semoga informasi tutorial ini bermanfaat dan membantu ;) !!
*I hope helps you..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel