Cara Melihat Port Aktif di Laptop / PC

( Cara Mengecek Port Aktif di Laptop / PC pada windows 10 )

 - Pada saat kita ingin menjalankan software, terkadang timbul masalah pada software tersebut dan itu bisa jadi disebabkan karena adanya port yang bentrok didalam laptop / pc anda. dan kita pun tidak tahu port aktif yang sedang digunakan oleh software - software yang kita install tersebut. lalu bagaimana cara mengatasi hal tersebut ? apakah kita harus mencari tahu nama nama port software dengan search google? dan tentu saja itu akan memakan waktu yang cukup lama, apalagi kalau kita sudah mempraktekannya tapi masih tidak menemukan solusinya ?

Baik, Saya pun akan memberikan solusi untuk anda dalam Mengecek Port Aktif di Laptop / PC pada windows 10 agar anda dapat dengan mudah menemukan port aktif yang digunakan software dengan bantuan Command Prompt ( CMD ) yang merupakan bawaan dari windows. Mari kita simak langkah - langkahnya dibawah ini, ingatt!!! jan ada satupun yang terlewatkan, kalian harus jeli dalam menyimaknya agar anda dapat memahaminya.

1. Pertama yang harus anda lakukan ialah membuka Command Prompt anda terlebih dahulu dengan mengeklik ( Windows + R ) lalu ketik "CMD" dan enter.

2. Dan akan muncul tampilan seperti ini juga kalian sudah membuka CMD di Laptop / PC anda.

3. Lalu anda ketik "Tasklist" di jendela CMD ( Hal ini bertujuan untuk melihat aplikasi apa saja yang berjalan di windows anda ).
Kemudian cari nama software anda dan catat PIDnya atau anda cukup mengingatnya saja. PIDnya terletak sejajar dengan nama software dan sudah saya beri tanda kotak berwarna kuning yang sudah saya tandai dan ingin saya cek. PID yang ingin saya cek itu ialah "752" ( services.exe ).

4. Kemudian anda ketik "Netstat -a -o" masih didalam jendela CMD anda dan akan muncul seperti ini. ( Ini berguna untuk melihat port yang aktif pada windows anda dan akan muncul banyak sekali, tapi kita hanya mencari port dari software yang sudah kita targetin pada sebelumnya dan ingin mencocokkan PID-nya ).

5. Lalu pada kolom PID, cari PID yang sama dengan software yang anda cari tadi ( services.exe ). dan disini karena PID saya tadi 752 dan saya pun sudah menemukan portnya, yakni 0.0.0.0:49669. ( Sudah saya beri tanda kotak border bewarna biru ).

Ohh yaa, kalau kamu masih bingung sama tutorial ini, kamu bisa juga loh berkunjung ke channel youtube saya, untuk melihat video tutorial dalam artikel ini yakni "Cara Melihat Port Aktif di Laptop / PC", siapa tau video dichannel youtube saya dapat lebih ampuhh kepada teman - teman untuk mengobati rasa bingung dan kesulitan dalam Cara Melihat Port Aktif di Laptop / PC Tanpa Aplikasi.

Berikut ini video saya "Cara Melihat Port Aktif di Laptop / PC" pada channel youtube saya ini bisa diklik untuk berkunjung ;) "Tutorial Psikomter".

Dan okee itu saja tutorial yang bisa kami share kepada teman - teman yang sudah mampir ke artikel situs web saya ini terkait Cara Melihat Port Aktif di Laptop / PC. Semoga informasi tutorial ini bermanfaat dan membantu ;) !!
*I hope helps you... 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel