Cara Install XAMPP di Windows 10 Dengan Mudah

( Cara tutorial install XAMPP di Laptop / PC pada Windows 10 dengan mudah )

Cara Install XAMPP di Windows 10 Dengan Mudah - Baik seperti judul diatas kami ingin memberikan tutorial pemasangan lokal server ( Xampp ). Tapi sebelumnya kami ingin memberikan penjelasan mengenai aplikasi XAMPP pada windows.

XAMPP adalah adalah Perangkat lunak bebas, yang mendukung banyak sistem operasi yang merupakan kompilasi dari beberapa program.

Fungsi dari apliaksi itu sendiri ialah sebagai server yang berdiri sendiri ( lokalhost ), yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQLdatabase, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemograman PHP dan Perl. Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MysSQL, PHP dan perl. Program ini tersedia dalam GNU General Public Lisense dan Bebas merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis. Kita perlu menginstall beberapa perangkat penunjang diantaranya adalah :

1. Apache : berfungsi untuk membuat komputer kita menjadi web server
2. MySQL : berfungsi sebagai sistem manajemen database
3. PHP : yaitu Bahasa Pemograman
4. PHPMyAdmin : ialah dashboard dari MySQL untuk mempermudah pengelolaan database

Pada OS Windows, perangkat - perangkat tersebut dapat diinstal secara langsung / bersamaan melalui satu paket aplikasi yaitu XAMPP versi 7.3.5-1. Berikut ini tutorial Cara install XAMPP di Laptop / PC pada Windows 10 OS dibawah ini :

1. Silahkan anda mendownload XAMPP disebuah website, anda cukup mengetik disearch engine ( Google ) yaitu : "Download XAMPP", atau ketik sesuka anda dimesin pencarian, banyak ko yang menyediakan aplikasi XAMPP tersebut secara free alias gratis. Jika anda sudah menemukannya, silahkan anda mendownload aplikasi tersebut.


2. Jika sudah didownload dan disimpan difolder yang anda pilih, kemudian buka aplikasi XAMPP anda yang sebelumnya sudah anda download.


3. Selanjutnya pilih dan klik "next" untuk melanjutkan penginstalan tersebut.


4. Pilihlah Component yang anda butuhkan dan beri centang, jika untuk tidak memasang yang anda tidak butuhkan cukup menghilangkan centang saja seperti gambar berikut ini. lalu pilih next.


5. Setelah itu tentukan tempat penyimpanan file direktori untuk XAMPP yang anda isntall pada saat ini, lalu klik next.


6. Setelah anda klik tombol next, maka akan muncul gambar 3 aplikasi rekomendasi untuk "learn more about bitnams for xampp" yang artinya untuk lebih memahami lebih dalam tentang XAMPP, Jika tidak perlu hilangkan tanda centangnya.

7. Kemudian akan ada pemberitahuan jika instalasi akan dilaksanakan, pilih next.


8. Kemudian kita cukup ,menunggu proses instalasi tersebut sekitar 10 - 30 menit. 


9. Sambil menunggu proses instalasi yang sedang berjalan, alangkah baiknya kita menyeduh air hangat untuk membuat kopi beraroma kupu - kupu :D

10. Finishh. Proses instalasi pun telah selesai :)


11.Lalu muncul 2 pilihan bahasa, pilihlah bahasa yang anda mengerti, jjika anda paham bahasa deutch / jerman, klik lingkaran dibawah bendera negara jerman tersebut, dan adapun sebaliknya. kemudian klik save.

12. Nahh inilah tampilan antarmuka dari XAMPP yang barusan kalian lakukan instalasi / pemasangan aplikasi tersebut :) dan aplikasi tersebut siap digunakan :) (y).

Ohh yaa, kalau kamu masih bingung sama tutorial ini, kamu bisa juga loh berkunjung ke channel youtube saya, untuk melihat video tutorial dalam artikel ini yakni "Cara Install XAMPP di Windows 10 Dengan Mudah", siapa tau video dichannel youtube saya dapat lebih ampuhh kepada teman - teman untuk mengobati rasa bingung dan kesulitan dalam Menginstall XAMPP di Windows 10 Dengan Mudah.

Berikut ini video saya "Cara Install XAMPP di Windows 10 Dengan Mudah" pada channel youtube saya ini bisa diklik untuk berkunjung ;) "Tutorial Psikomter".

Dan okee itu saja tutorial yang bisa kami share kepada teman - teman yang sudah mampir ke artikel situs web saya ini terkait Cara Install XAMPP di Windows 10 Dengan Mudah. Semoga informasi tutorial ini bermanfaat dan membantu ;) !!
*I hope helps you..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel