5 Metode Instalasi Sistem Operasi Pada Komputer

 - Seperti kita ketahui ada beberapa metode dalam instalasi sistem operasi pada laptop / pc. Berikut ini akan kami jelaskan beberapa metode instalasi sistem operasi pada komputer dibawah ini :

1. Metode Clean Install 
Merupakan suatu metode untuk menginstall sistem operasi yang baru dimana sebelumnya pada suatu komputer belum terdapat sistem operasinya. Dalam metode ini sistem operasi akan menghapus file yang ada dalam partisi harddisk yang digunakan untuk menginstall sistem operasi tersebut. ketika clean install sudah selesai, maka pada harddisk hanya terdiri dari sistem operasi yang baru, sama seperti komputer digunakan pertama kali.

Dalam beberapa kasus, clean install tidak diperlukan ketika sistem operasi berhasil upgrade dengan baik, metode ini lebih mudah dan aman untuk perfomansi standar instalasi. ketika menginstalasi sistem sistem operasi windows atau linux, maka akan memberikan pilihan untuk mengupgrade atau menginstallasi baru, installer akan memberikan pilihan antara standard upgrade dan clean installation sebelum proses instalasi. pada instalasi windows 7 atau windows 8 juga memberikan option format dan partisi harddisk apabila saudara memilih clean install dalam sistem operasi mac x, kita dapat menggunakan program disk utilty untuk memformat atau mempartisi harddisk sebelum melakukan clean install.

Sebelum melakukan clean install sebaiknya semua data diprimary harddisk yang diperlukan backup terlebih dahulu. pembackupan dapat dilakukan pada eksternal harddisk atau komputer lain. pasti bahwa semua file yang penting telah dibackup dengan baik




2. Metode Instalasi Baru 
Adalah instalasi yang digunakan atau dilakukan dengan cara menghapus seluruh sistem operasi yang lama dan digantikan dengan operasi sistem yang baru.
Contoh : Menghapus windows 7 dan menggantikannya dengan windows10 ( yang baru )



3. Metode Upgrade 
Adalah Metode instalasi yang dilakukan untuk memperbarui versi - versi dalam sistem operasi yang sama
Contoh : Mengipgrade windows 8 ke windows 10 didalam OS yang sama tanpa melakukan metode instalasi baru



4. Metode Multi Boot 
Adalah Metode instalasi yang bisa dilakukan lebih dari satu penginstalan sistem operasi didalam satu komputer.
Contoh : Menginstal win 7, win 8, dan linux didalam satu komputer. ( Duo OS ).


5. Metode Virtualisasi 
Adalah Metode penginstalan sistem operasi didalam sistem operasi yang asli dengan menggunakan bantuan software ( Virtual box, vmware, dan virtual pc ).
Contoh : Menginstall sistem operasi kedua didalam sistem operasi asli menggunakan file ISO dengan bantuan software seperti virtual box.


Seperti itulah beberapa metode instalasi sistem operasi pada komputerJika kalian ( Pembaca ) ada yang kurang paham / mempunyai pendapat yang berbeda dalam mengetahui beberapa , Silahkan masukkan komentar dibawah ini mengenai pengertian diatas. "Hatur Nuhun".

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel