Contoh Arsitektur Sistem Operasi Linux Pada Komputer

Urutan Struktur Arsitektur Sistem Operasi Linux beserta pengertiannya


 -  Sistem operasi linux memiliki konsep yang hampir sama dalam hal arsitektur dengan sistem operasi lainnya. Perbedaannya adalah bentuk dari setiap komponen pada arsitektur tersebut, antara lain :

1.)  Kernel Linux
Kernel Linux adalah kernel yang digunakan dalam sistem operasi GNU/Linux. kernel ini merupakan turunan dari keluarga sisten operasi unix, dirilis dengan menggunakan lisensi GNU, General Public Licence ( GPL ) dan dikembangkan oleh pemogram didunia. Linux merupakan contoh utama dari perangkat lunak bebas dan sumber terbuka ( Open Source ). dibawah ini ditunjukkan gambar keterkaitan antara hardware, kernel, shell, dan dekstop. kernel linux dirilis dibawah lisensi publik umum GNU versi 2 ( GPL V2 ), ( dengan bermacam - macam firmware dengan lisensi tidak gratis yang bervariatif ) dan dikembangkan oleh kontributor dari seluruh dunia.
Diskusi perkembangan dari hari ke hari dilakukan dimailing list linux kernel. Kernel linux pada awalnya dibayangkan dan kemudian dibuat oleh mahasiswa ilmu komputer berkebangsaan finlandia, linus torvalds pada tahun 1991, pengembang dan pengguna linux bertambah dengan cepat, lalu mereka mengadaptasi kode dari proyek software gratis untuk digunakan sebagai sistem operasi baru. linux kernel telah menerima kontribusi dari ribuan programmer.

2.) Library
Sebelum membahas Command line Interpreter ( CLI ), sebenarnya diatas kernel masih ada komponen yang tidak diperlihatkan gambar, yang disebut Library.

Library adalah File atau sekumpulan file yang didalamnya terdapat fungsi atau kelas yang dibutuhkan oleh program aplikasi sebagai contoh library adalah Glibe, Libeurt, Libpng, serta library yang lain yang fungsinya menjadi pondasi untuk program yang akan berjalan diatasnya.

Misalnya ;
- Tanpa lilbrary getty, maka kita tidak dapat membuka shell atau CLI.
- Tanpa libpng, maka kita tidak bisa membuka gambar.
- Tanpa limbpg, maka kita tidak bisa memutar MP3.
Dengan demikian library adalah pondasi untuk aplikasi atau program tertentu, kadang - kadang library juga saling berkaitan ( Depedensi ). misalnya : Library A adalah pondasi dari Library B dan program C butuh Library B. hal semacam inilah disebut dengan Depedency dilinux.

3.) Shell
Shell adalah aplikasi yang bertugas menerima input perintah dari user. pada sistem operasi windows dapat disamakan dengan Command Prompt. bedanya, shell dilinux tidak terikat dengan GUInya linux yang mempunyai banyak shell, Diantaranya adalah Csh, Tcsh, dan yang paling populer bash. kebanyakan server tiga lapis ini saja sudah lebih dari cukup, tinggal ditambahkan service ( aplikasi yang berjalan dibelakang layar ) misal webserver apache.

4.) X Windows 
X Windows adalah Library khusus untuk tampilan GUI diunix / linux tanpa adanya library ini, maka KDE, Gnome, atau Open Office tidak akan dapat berjalan.

5.) Windows Manager 
Windows Manager adalah Pengelola jendela dari aplikasi yang berjalan diGUI. Windows manager hanya bertugas menangani posisi aplikasi dilayar, windows manager tidak mempunyai fitur misal drag and drop / fitur canggih lainnya.
Contoh windows manager adalah Ice WM, dan GNUstep.

6.) Dekstop 
Dekstop adalah Lapisan diatas windows manager ini ialah tampilan antarmuka yang langsung berhubungan dengan user tinggal klik, drag melakukan segala kemudahan hanya dengan mouse.
- Contoh dekstop linux adalah KDE, Lxde, Gnome, Xecl, atau GDE.

7.) Aplikasi 
Aplikasi adalah Lapisan atas dari sistem operasi Linux ialah aplikasi, misal : Gedit, Open office dan firefox, dan masih banyak aplikasi lainnya yang telah disediakan oleh vendor - vendor linux. seperti contoh : aplikasi jenis editing photo, jaringan, text editor, antivirus, keamanan, dan lain sebagainya.

Seperti itulah bagian - bagian dari Contoh Arsitektur Sistem Operasi Linux Pada Komputer, Jika kalian ( Pembaca ) ada yang kurang paham / mempunyai pendapat yang berbeda dalam mengenal bagian - bagian dari , Silahkan masukkan komentar dibawah ini mengenai pengertian diatas. "Hatur Nuhun".

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel